Menyapih menurut Al-Quran

Bismillahirrohmaanirrahiim…..

Seorang ibu mempunyai kewajiban untuk menyusui anaknya. WHO mewajibkan masa menyusui ekslusif adalah selama 6 bulan, setelah itu bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping dan tetap disusui sampai tiba masanya berhenti. Kapankah masa anak berhenti menyusu/kapankah harus menyapih?

Dalam berbagai artikel tentang menyusui, disebutkan para ahli tidak dapat menjawab dengan tepat kapan waktu untuk menyapih. Banyak ahli merekomendasikan ASI diberikan hingga anak berusia dua tahun. Dr. Utami Roesli, Sp.A, MBA, IBCLC, mengatakan menyapih sebaiknya dilakukan saat anak dengan kesadarannya sendiri menolak menyusu ke payudara ibu. “itu artinya bias saat anak berusia satu tahun, dua tahun, atau tiga tahun.” Kata Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia (Selasi) ini. [1]

Apakah tidak ada batasan waktu dalam menyusui? Walaupun para ahli tidak dapat menjawab dengan tepat kapan waktu menyapih, Al-Quran dapat menjawabnya dengan tegas dan jelas bahwa masa menyusui itu adalah dua tahun.

Ayat- ayat yang berkaitan dengan hukum penyusuan:

1.  QS. Al-Baqarah ayat 233:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لاَ تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلاَّ وُسْعَهَا لاَ تُضَآرَّ وَالِدَةُ بِوَلَدِهَا وَلاَ مَوْلُودُُلَّهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالاً عَن تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَن تَسْتَرْضِعُوا أَوْلاَدَكُمْ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُم مَّآءَاتَيْتُم بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرُُ

Artinya:

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah member makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya, dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum 2 tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

2. QS. Luqman ayat 14:

وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ

Artinya:

Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

3. QS. Al-Ahqaf ayat 15:

وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلاَثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَى وَالِدَيذَ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya:

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah(pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdo’a, “Ya Tuhan-Ku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri n’mat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim.”

Kupasan Ayat-ayat

Berdasarkan ayat 233 surat al-Baqarah diatas, diwajibkan kepada kaum ibu baik yang masih berfungsi sebagai istri maupun yang dalam keadaan tertalak untuk menyusui anak-anak mereka selama dua tahun penuh dan tidak lebih dari itu. Tetapi diperbolehkan kurang dari masa itu jika kedua orang tua memandang adanya kemaslahatan. Dan dalam hal ini, persoalannya diserahkan kepada kebijaksanaan mereka berdua. [2]

Dalam Tafsir Ibnu Katsier dikatakan, ayat ini merupakan tuntunan Allah supaya para ibu menyusui bayinya hingga usia dua tahun. Lebih dari itu tidak diperlukan oleh bayi. [3]

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Aisyah r.a. mengatakan bahwa nabi SAW bersabda: “Perhatikanlah siapakah sebenarnya saudara sepersusuanmu itu, sebab penyusuan yang dianggap itu hanya pada masa bayi, yakni ketika makanan utama dari bayi itu hanya menyusu.” [4]

Ali ash-Shabuni menjelaskan dalam tafsirnya; Allah SWT menggalakkan para ibu agar menyusukan anak-anaknya dengan menetapkan masa penyusuan selama dua tahun penuh sebab selewat waktu tersebut seorang anak bayi sudah dapat meninggalkan air susu ibu dan ia dapat mulai dibantu dengan diberikan kepadanya makanan dan minuman. Tiada yang lebih baik untuk seorang anak bayi daripada susu ibu. Susu ibu adalah sebaik-baik makanan (bagi seorang  bayi) menurut kesepakatan medis. Dalam hal ini hikmah Ilahi menetapkan menjadikan susu ibu sebagai makanan bagi bayi, cocok dengan kondisi pertumbuhan anak menurut tingkatan yang wajar. [5]

Fishālan artinya menyapih (arti asalnya Fishālun: berpisah),  dikatakan menyapih itu ialah karena anak (yang semula disusui) itu berpisah dari susu ibunya ke jenis-jenis makanan yang lain. [6]

Jika kita membaca ayat-ayat di atas, dapat kita pahami bahwa masa menyusui itu adalah 2 tahun, sehingga apabila sudah mencapai usia tersebut hendaknya anak-anak disapih. Apakah itu suatu kewajiban? Apabila kita menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup tentunya kita akan mengikuti petunjuk al-Quran tersebut.

Mengapa harus dua tahun? Karena Allah telah menyiratkan dalam ayat-ayat di atas bahwa dua tahun tersebut adalah masa penyusuan yang sempurna. Tidak ada keraguan dari ayat-ayat di atas tentang batas menyusui dan penyapihan.

Dalam surat al-Ahqaf ayat 15 di atas Allah berfirman: “…mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan…”. Para ulama menyimpulkan berdasarkan ayat tersebut, masa mengandungnya ibu sampai masa menyapihnya anak adalah tiga puluh bulan, dengan perhitungan masa hamil paling cepat adalah enam bulan sehingga masa menyusui menjadi dua tahun penuh, atau masa hamil Sembilan bulan dan masa menyusui dua puluh satu bulan. [7] Apabila masa kehamilan normal yaitu 9 bulan ditambah masa menyusui penuh selama dua puluh empat bulan menjadikannya tiga puluh tiga bulan, maka itu sudah sangat sempurna.

Dalam pemahaman penulis dari ayat-ayat di atas, proses penyapihan jenis Mother Led Weaning lah yang sesuai dengan al-Quran. Dalam Mother Led Weaning, ibu yang menentukan kapan saat yang tepat untuk menyapih si kecil. Tentunya apabila kita telah memahami ayat-ayat di atas, kita tahu kapan harus menyapihnya.

Cara menyapihnya seperti apa? Itu diserahkan kepada ibu, kepada ayah yang tentunya harus mendukung ibu. Seperti halnya bahwa menyusui itu bukan suatu hal yang mudah, menyapih juga bukan suatu hal yang mudah. Perlu dukungan dari lingkungan sekitar untuk membantu kesuksesan proses penyapihan.

Perlu diingat bahwa penyapihan adalah bentuk cinta kita kepada anak. Tidak perlu merasa bahwa kita telah menyakiti anak dengan menghentikan penyusuan, membuat dia menangis karena tidak diberi ASI, semua itu adalah proses yang harus dilalui. Karena dalam kehidupan selanjutnya pun anak akan menemui batasan-batasan, dan disapih adalah batasan pertama yang harus dia lalui. Selain itu menyapih anak setelah dua tahun adalah bentuk cinta kita kepada Allah SWT, yaitu menjalankan firman-Nya.

Wallahu a’lam…

Catatan Kaki:

[1] Majalah Mother & Baby Edisi Agustus 2010

[2] Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi

[3] dan [4] Ibnu Katsier, Tafsir Ibnu Katsir

[5] dan [6]Ali ash-Shabuni, Tafsir Ayat-ayat Hukum dalam Al-Quran

80 thoughts on “Menyapih menurut Al-Quran

    1. Bunda vysti terima kasih sudah mampir.. Kalo melihat dalil al-Quran, penyusuan memang cuma sampe 2 tahun bunda..dan memperhatikan tafsir serta hadits nabi tentang penyusuan juga demikian. Pasti ada hikmah kenapa Alloh mengisyaratkan hanya 2 tahun. Sehingga kalo lebih dari 2 tahun tentunya tidak sesuai dengan ketentuan Alloh.
      Ibnu Sina (ilmuwan Islam yang terkenal dalam bidang kedokteran), juga mengungkapkan bahwa penyusuan yang baik itu adalah 2 tahun..menurut beliau penyusuan selama 2tahun adalah bentuk pendidikan awal bagi anak-anak.

      Wallahu a’lam

    1. Bunda Dian..terima kasih sudah mampir… Betul bunda, Al-Quran memang sebenar-benarnya pedoman hidup. Islam adalah agama yg lengkap, hal seperti aturan menyusui pun tercantum dalam Al-Quran dan sunnah Rasulullah..tinggal kita mau mengikutinya atau tidak.. :)

    1. Mama Putri, kalo untuk cara menyapihnya..baik Al-Quran maupun hadits tidak membahas masalah tersebut, jadi teknik menyapihnya diserahkan kepada orangtua masing-masing.
      Sharing pengalaman aja ya bun..hari pertama anak saya disapih cuma sukses pas siang aja,malemnya nangis kejer. Besoknya dicoba lg..pas malem tiap dia minta mimik dialihkan ke hal lain..saya gendong sampe dia tidur..kasih makanan yg dia suka..ma 1 lagi lingkungan rumah jg musti mendukung. Satu lagi..musti tega juga bun..
      Semoga sukses ya mama putri :)

  1. assalamu’alaikum…numpang sharing nih.aq saat ini juga lagi proses menyapih anakku. pas tanggal 17 feb kemarin (24 maulud), kalau menurut kalender islam anakku genap 2 tahun.Kalau menurut kalender nasionalnya tanggal 10 Maret nanti.Pas hari Sabtunya (18 Feb) karena dah seharian sampe malem anakku g minta nenen, terlintas dipikiranku untuk sekalian menyapihnya,malamnya ketika anakku minta nenen, aku olesin minyak kayu putih di putingku. anakku langsung kaget dan bilang ‘uhah’ (pedas). ku bilang padanya, ‘Kenzie, susu mamah udah g enak, Kenzie minum susu botol aja yah. Susu botol lebih enak sama manis’. Kenzi pun menurut. aku bikinkan susu botol. akhirnya dia pun tertidur. aku merasa lega, proses menyapihnya berhasil. Tapi pas tengah malam dia terbangun dan merengek-rengek minta nenen. aku menjadi tidak tega dan kembali menyusuinya. hari pertama sedikit gagal. keesokannya aku tekadkan untuk menyapihnya dan harus tega kalau dia merengek-rengek. memang kalau siang hari sangat gampang untuk mengalihkan perhatiannya dari nenen. Malam kedua, pas tengah malam dia terbangun dan merengek-rengek lagi. aku bilang aja ‘susu mamah udah g enak sayang, Kenzie minum susu botol aja yah atau mau minum air putih?g papa kenzie udah g minum susu mamah lagi, mamah tetap sayang sama Kenzie’. dia hanya minta air putih kemudian minta digendong, kemudian dia tertidur lagi. Hingga sampai sekarang kalau tengah malam dia masih suka terbangun dan selalu minta ku gendong, baru kemudian tertidur lagi.Dari umur dia 20 bulan sudah sering aku komunikasikan ke Kenzie kalau nanti umur dia sudah 2 tahun sudah gak boleh minum susu mamah lagi, soalnya susu mamah sudah gak enak. Pada saat itu sih Kenzie jawab ‘tak mau’. Pada saat nonton TV dan ada iklan susu aku bilang ke Kenzie ‘tuh anak itu minum susu gelas gak minum susu mamahnya’. Terus aku ceritakan juga kalau saudara sepupunya dan teman-temannya (aku sebutkan nama mereka satu persatu) sudah gak minum susu mamahnya lagi. Mereka gak papa dan mamahnya masih sayang mereka. Mereka pada minumnya susu gelas. Sekarang kalau aku sodorkan ASI-ku ke Kenzie dia jawab ‘tak mau, uhah’. Memang dibutuhkan kesabaran untuk menyapih dan harus sering komunikasi dengan anak. o ya, jangan lupa juga sediakan selalu makanan kecil kesukaannya untuk mengalihkan perhatiannya dari menyusu. Semoga pengalamanku ini bermanfaat buat ibu-ibu yang lain.

    1. memang perlu kesabaran ya bun…. dan perlu dukungan orang sekitar yang dekat dengan si kecil juga…
      sukses ya kenzie :)

    2. Tgal 21 Januari 2013 bsok anak q 2 taun,,q cba mpsiapkan mental q u menyapih anak,,kdag tlintas dipikiran apakah akan berhasil?? Coz dmn saja brda anak q klo mnta mimi’ hruz dpat susah u mbujuk ny klo mo blag ntr coz gi djalan atw dmn..
      Pengalaman bunAstri,,kan mjadi info yg bmanfaat,,smga masa penyapihan anak q akan bjalan lancar wlupun pada awal ny kan sulit..

      1. betul bunda ririt, memulai menyapih pasti sulit… Saya, bunda astri dan yang lain sudah mengalaminya. Tapi harus tetep semangat bunda… dari sekarang mulai ajak bicara anaknya bunda Ririt, bahwa dia sebentar lagi dua tahun dan tidak boleh mimi lagi. Selalu diajak bicara begitu aja bunda, trus pelan-pelan coba alihkan sebisanya kalo dia minta mimi.

        sukses ya bun :)

        oh iya, yang menarik…setelah disapih…anak kita tidur malemnya lebih nyenyak loh bun ^^

  2. Bunda Astri….makasih udah sharing pengalamannya…insyaAlloh bermanfaat ya bunda….
    pengalamannya hampir mirip bun… ^______^

    1. menjelang usia anak 2 tahun…beri tahu pelan-pelan bahwa setelah 2 tahun dia udah besar..dan jangan nenen lagi….
      kalo saya menjelang 2 taun tiap hari diajak bicara soal ntar harus berenti nenen :)

      kalo ibu saya….menurut beliau, saya dan adik2… mulai belajar berhenti menyusu itu usia 21 bulan…

  3. assalamy’alaykum..salam kenal ya bunda..

    yg mau sy tanyakan,klo mnurut WHO kan asi ekslusif hingga 6 bln ya?nah klo dri dalil2 al quran di atas..sebenarnya asi ex itu sampai brp bln ya?sy agak bingung juga..yg dimaksud dgn pemenuhan penyusuan mnurut Alloh itu bgaimana?apakah asi ex slm 2 th atau asi ex 6 bln kmudian asi + mpasi smpai 2th (sesuai dgn anjuran WHO)?))

    1. ‘alaikumusalam wrwb…..
      Salam kenal juga ummi :)

      ASIX sampai 6 bulan itu benar ummi, yang dimaksud dengan pemenuhan penyusuan sampai 2 tahun itu…setelah asix 6 bulan kemudian ditambah dengan mpasi, dan asi diteruskan sampai 2 tahun.
      betul, yang anjuran WHO itu sesuai kok :)

    1. bunda Laila…. saya tidak bisa mengatakan itu dosa, tetapi kalau Alloh sendiri menyatakan bahwa sempurna itu adalah 2 tahun, sebaik-baiknya kita mengikuti apa yang sudah Alloh tetapkan…
      wallahu a’lam

  4. assakum…
    saya mau tanya ni,anak saya sdah berumur 18bulan.tapi skrang sya berniat buat menyapihnya karna dia cuma mau nenen susu sebelah kiri saja.sedangkan sebelahnya dia tidak mau sama sekali.shingga mengakibatkan pay*udara saya besar sebelah.bolehkah dalam islam atas alasan sya trsebut?trimakasih..

    1. Bunda……

      anak yang hanya mau nenen di salah satu payudara memang ada, dan banyak juga yang mengalami seperti itu. bersabar saja ya bunda…toh kalau bunda mengikuti surat al-Ahqaf masa mengandung dan menyusui itu 30bulan,,, jadi gimana kalau nanti disapihnya usia 21 bulan… 3 bulan lagi bun… tetap semangat ya….
      insya Alloh apa yang kita lakukan untuk anak yaitu menyusuinya, walaupun ada saja masalahnya…akan mendapat balasan dari Alloh SWT

      Semangat bunda Oryza ^^

  5. assalamu’alaikum wr wb
    salam kenal bunda..
    skrg ini putri keduaku udh usia 2th 1 bln, aq tdk tegaaaaa banget utk menyapihnya.
    tp frekuensi menyusui memang sdh sedikit berkurang, kalau aq menyapihnya dgn metode tanpa pemaksaan atau istilahnya berhenti sesuai keinginannya, gimana bun..?
    apalagi air susu masih banyak.

    1. ‘Alaikumusalam wrwb bunda Henny, salam kenal juga :)

      susah ya bun…. pasti susah nyapihnya.
      kalo ngikutin kata hati memang ga tega ya bun… tapi kata hati kita belum tentu yang paling baik untuk anak kita…
      kenapa Alloh mengatakan 2 tahun itu Sempurna..tentu sebagai pencipta kita Alloh lebih tau…:)
      di -tega-in ya bun….. sukses ya menyapihnya :)

  6. Bunda mau curhat dong..

    Saya ibu bekerja. Anak saya 20bln, sekarang klo siang ga mau mimi ASI Perah lagi (udah pake berbagai cara, maunya tetep susu UHT). Tp klo saya ada dirumah, mau nenen langsung.
    Gimana yah Bun? apa saya tetap lanjutkan perah ASI? ato saya mulai menyapih dari sekarang saja ya Bun?

    1. Hai Bunda…..maaf baru bisa balas :)
      Sama bun, saya juga ibu bekerja *toss*
      Bisa aja sih bun kalo mau mulai belajar disapih… sebentar lagi 21 bulan kan? supaya bisa menggenapkan 30 bulan seperti di surat al-ahqaf :)
      semangat bun, karena menyapih juga bukan pekerjaan mudah….

  7. Assalamualaikum…….terimakasih sebelumnya, saya mau tanya,untuk menyapih anak sebaiknya kita menghitungnya dari kelender masehi atau kelender hijriah??terimakasih untuk Jawabannya..

  8. Sekarang aq lagi menyapih aduh gak tega banget…. ingin nangis rasanya tapi harus kutahan agar anakq juga kuat melewatinya. Semoga Allah memudahkan tiap ibu yang sedang menyapih

  9. Ass..artikelnya bermanfaat sekali, sampe terharu bacanya,hehe…kebetulan dhanu anak saya usia 2 thn tgl 18 des kmrn, skrg baru proses penyapihan, mhn doanya smg lancar ya bunda..

    1. Bunda Tety….selamat berjuang ya….
      do’a buat kelancaran proses menyapihnya… :)

      dek Dhanu…kamu pasti bisa… Chayoooo

  10. Assalamualaikum, Mohon informasi, apakah dalam selama 2 tahun tersebut untuk makanan pendamping tuntunannya bagaimana ya menurut Al Quran/Hadist karena saya seringberdebat dengan istri mengenai hal ini, bahwa selama 2 tahun ya hanya ASI saja, dan makan hanya sesekali…

    1. ‘Alaikumusalam….
      Ayah, sebenarnya tidak ada aturan baku dalam al-Quran maupun hadits bahwa selama 2 tahun hanya ASI saja. sejalan dengan perkembangan pengetahuan manusia mengenai kebutuhan gizi dan lain sebagainya, diketahui bahwa 6 bulan pertama bayi hanya perlu menyusu saja tanpa makanan yang lain, setelah itu mulai dikenalkan makanan pendamping.
      maksud selama 2 tahun ASI itu, juga dengan didampingi makanan pendamping ASI.. harus mulai diajari dan dikenalkan makanan lain. kalau tidak maka tentu anak akan kaget ketika setelah 2 tahun dia disapih dan langsung harus berhadapan dengan makan selain ASI.
      oleh karena itu selepas 6 bulan yang eksklusif hendaknya anak mulai dikenalkan dengan makanan lain yg sesuai dengan kemampuan pencernaannya. tentu saja ASI masih terus diberikan. Lambat laun anak akan beralih, sehingga nanti proses penyapihan tidak terlalu sulit.
      Selamat menyiapkan makanan pendamping ASI bersama bunda untuk si kecil ya… :)

  11. Asslm…tgl 11 Februari kmrn anakku 2 tahun,,jd hr ini 2 tahun 4 hari tp msh blm bs berhenti ASI..selama 4 hari ini kadang pagi sebelum ku pergi kerja dia lupa ASI tp pas pulang makan siang dia minta lg..malam jg kalo terbangun masih minta ASI…walau udah jarang tp masih ASI..susah ya bun,,kasihan kalo dia nangis merengek ga dikasih…ga tega…

    1. ‘Alaikumusalam….
      Bunda Fitriah…ternyata anak kita lahir di tanggal yang sama :)
      anak pertama saya juga lahirnya tanggal 11 februari, kemarin dia tepat 4 tahun….gak kerasa sudah 2 tahun yang lalu dia disapih ^^

      betul bun…denger nangisnya itu gak tegaaaa banget… tapi pelan-pelan pasti bisa, yang paling sulit memang malam hari ya bun… seiring usaha dan do’a in sya Alloh bisa :)

      peluuukkk buat bunda…. fighting \^-^/

  12. Semoga manfaat u/ kita semua..
    سُبْحَانَ اللّهُ
    أَمِِيْــــــــن يَا رَبَّ العَالَمِيــــــنَْ
    ,

  13. assalamu’alaikum, izin sharing juga ya bun…gini lho…ada ibu-ibu yang hanya menyusui anaknya selama 2 tahun tanpa dikasih makan, jadi ASI saja lho ya..g pake makan atau minum, apakah begitu sudah benar?

    1. ‘alaikumusalam, bunda Euis maaf baru bisa balas…

      Tidak diatur tentang harus ASI saja sih bun kalau dalam Al-Quran, yang seperti itu kita juga bisa mengaturnya sendiri..
      tentang ASI sampai 2 tahun itu maksudnya dimana anak masih banyak tergantung dengan ASI tapi tentunya semenjak sudah bisa kenal dengan makanan lain ya harus sudah dikenalkan juga..

      saya rasa kurang tepat bun perlakuan ibu-ibu tadi..

      Wallahu ‘alam bi showab

  14. Bun, terima kasih banyak infonya..
    Kebetulan saya baru saja ( 1 jam yang lalu) menyapih anak saya yang kedua yang berusia 2 tahun..
    Memang dengan berlinang air mata ketika harus melihat matanya ke nenen miminya..
    Penuh rasa haru ketika saya berfikir bahwa this is it,, this is the time,,
    Hanya saja saya berusaha menegarkan diri dengan mencari artikel di internet yang menguatkan saya,,
    ALhamdulillah saya menemukan artikel ini..
    Sepertinya justru mental miminya yang kadang akan menyulitkan proses penyapihan itu sendiri..
    Semoga perasaan tega dan menguatkan hati ini akan bisa berjalan lancar hingga proses penyapihan ini selesai..
    Semangat tuk bunda semua yang sedang berusaha menyapih anaknya,,
    Kasih sayang bunda gak akan berhenti sampai 2 tahun ..
    Tapi selamanya,.

    Huhuuuuuu,,
    Jadi nangis lagi nih,,,

    1. lebih dari 2th…..

      dalam pemahaman saya, kalau kata pencipta hukumnya menggariskan 2th itu yang sempurna, itulah yang paling terbaik bun..

      wallahu’alam bi showab

  15. Aslmkm wr wb, thx ya utk artikelnya, adem bgt bacanya :) Saya mau tanya, ada penelitian yg bilang kl anak yg disapih dgn terpaksa akan mnjadi sulit mandiri dsb. Sy ingin tahu bgmn dgn anaknya Bunda, apakah jsdi cranky atau berubah stlh disapih? Thx ya sblmnya….

    1. ‘alaikumusalam bunda Risa…

      anak saya, seperti anak-anak yang lain pada umumnya yang seumuran dia bun :)
      sekarang anak pertama saya usia 4 tahun, dan saya sebentar lagi proses menyapih anak yang kedua..

      ada kalanya dia kelihatan membantah, masa raja kecil katanya bun..kenakalan dan kelucuan anak seumurnya aja..

      saat ini dia lagi masa manja bun, saya yakin bukan karena faktor disapih, tapi memang dia lagi merasa tersaingi sama adiknya, jadi agak manja. tapi di hal-hal lain dia juga mandiri, bisa jagain adiknya kalau saya minta :)

      begitulah bun… :)

  16. Anak sy udah 3 hr ini sy sapih bun. Kasian bgt ngliatnya mlm2 minta ASI, tp klo ga skarang kpn lg, soalnya 1 minggu lg umurnya genap 2 tahun. Wlaupun udah 3 hari, tp masih ttp minta ASI. Tadinya sy malah mo kasi lg krna kasian, tp stelah baca artikelnya yg brpedoman pd Al Qur’an, sy jd mantap untuk mnyapihnya. dan Alhamdulillah untungnya suami sy ngbantu bgt. Stiap anak sy minta ASI, suami sy ikut bangun n langsung digendong. Trus sy jg nyiapin susu n makanan2 yg anak sy suka. Smoga bbrapa hari lg anak sy bner2 lupa n terbiasa untuk tidak minum ASI lg. Mkasi udah sharing ma qt smua ya bun.

  17. Assalamuaaikum
    Mba,tanggal 6 November mendatang anak saya genap berusia 2 tahun.Apakah lebih baik saya menyapihnya dari sekarang atau tepat diusianya 2 tahun nanti?

    Jazakallah

    1. ‘alaikumusalam

      sebentar lagi ya mba, bisa sih dicoba pelan-pelan dari sekarang, biar nanti prosesnya tidak terlalu sulit :)

      semangat bun…

    1. sebenarnya gak ada bedanya sih mba.. menurut medis juga penyusuan itu selama 2 tahun yang idealnya.
      hanya saja ada juga yg berpendapat tidak mengapa lebih dari 2 tahun
      dalam al-Quran memang jelas sekali Allah berfirman bahwa penyusuan anak itu selama 2 tahun, bahkan boleh kurang dari itu..

      maaf kalau jawabannya masih kurang memuaskan ya mbak..

  18. Assalamualaikum, mau ikutan sharing ya bun…fia hari pertama di sapih ga mau bobo siang malemnya nangis sampai suaranya serak di tambah lg fia susah minum susu…dilema rasanya…tp tetep harus menguatkan hati…hr kedua tidur siangnya di ajak muter2 dulu naik motor….malem msh tetep nangis dan ga mau d kasih apa2…tp sedikit demi sedikit mulai terbiasa…skrg sudah hari ke 10..sudah bisa tidur siang sendiri…malem jg bs tidur sendiri walaupun msh tetep bangun minta gendong…sebelum tidur fia d kenyangin dulu…soalny kl bangun malem ga mau minum apa2….skrg fia jd suka ngemil..susu sedikit2 sudah mau…memang butuh kesabaran ekstra ya bun…

  19. Assalamualaikum bunda…saat ini anakku yg berusia 20 bln aku msh full Asi. Tapi aku mulai bingung bagaimana menyapihnya nanti karena anakku alergi dengan semua jenis makanan dan minuman yg mengandung susu. aku merasa takut anakku kekurangan calcium setelad disapih nanti.
    Bener2 bingung dan ga tau harus buat apa :(

    1. ‘alaikumusalam bunda…

      dari sekarang bunda bisa cari tahu jenis makanan atau minuman lain yang mengandung kalcium untuk anak bunda..

      masih ada jenis makanan yang lain yg bukan dari susu bunda..
      jangan terlalu risau bunda, tanpa minum susu pun sebenarnya anak bisa tumbuh sehat…

      selamat mencari ilmu tentang makanan dan minuman yang lebih cocok untuk anak bunda ya…

      semangat ^^

  20. Asslmualaikum..bun..putri sy tgl 3 feb 2014 nanti pas usia 2 thn.skrg sy ingin menyapihx.krn puting sy luka krn digigit wkt mlm disaat dia tdur.jasmine trbiasa nenen kl mlm meski dia gk minum.apa boleh sy menyapihx dgn alasan itu bun?rasax gk tegaa bngt dnger nangisx tp puting sy sakit.apa boleh sy bwa ke pak yai,spya lupa sama nenen.maklum sindrom nenek moyang.he.he

    1. ‘Alaikumusalam… maaf baru sempat membalas.. boleh kok bun disapih sebelum waktunya, dengan alasan tentu saja.
      ga usah dibawa ke pak Kyai sih…. :)

  21. Asslmualaikum..bun..putri sy tgl 3 feb 2014 nanti pas usia 2 thn.skrg sy ingin menyapihx.krn puting sy luka krn digigit wkt mlm disaat dia tdur.jasmine trbiasa nenen kl mlm meski dia gk minum.apa boleh sy menyapihx dgn alasan itu bun?rasax gk tegaa bngt dnger nangisx tp puting sy sakit.apa boleh sy bwa ke pak yai,spya lupa sama nenen.maklum sindrom nenek moyang.he.he.trmks bund..

  22. Bunda ..anaku 2,9thn..ini mlm pertama aq sapih,,kasian dia merengek trs minta mimi.ada doa khusus Ώğgªќ supaya dia lupa sm mimi nya.sk Ώğgªќ tega lihatnya..

    1. Hai bunda… pasti berat banget ya…buat baunda dan buat si kecil.
      kalau doa khusus sih ga ada bun, bundanya aja musti agak tega ya… dan minta dukungan dari seluruh keluarga biar membantu proses penyapihannya,,,
      sukses bunda…

  23. assalamualaikum..
    maaf baru ikutan semoga masi bs dbantu
    sy hamil anak ke dua 6 minggu putra sy yg pertama 19 bln.masi asi smpai skrng.3 dokter yg sy temui menyuruh untuk menyapih ank sy.,,bgaimana y mnurut Alquran?

    1. ‘Alaikumusalam Bunda Dewi..maaf mungkin saya telat banget nih balasnya…

      boleh kok anaknya disapih sebelum 2 tahun, kan alasannya ada ya bun, di Al-Quran surat al-Baqarah ayat 233 juga Allah memperbolehkan menyapihnya sebelum dua tahun.
      silahkan dibaca ayatnya ya bunda :)

  24. Assalamualaikum..
    Mbak, mau nanya dunk..
    Anak sy skrng umurnya 1 tahun. udah numbuh gigi, permasalahnya skrng puting saya sering d gigit n berdarah. Gmn yah mbak cara mengatasinya?
    Maunya ASI sampe 2 tahun, tp sakit banget waktu mimiknya.. :(
    Makasih sebelumnya mbak..

    1. ‘Alaikumusalam,
      semoga belum telat ya…. kalau baru tumbuh gigi memang begitu bun…pasti si kecil pengen gigit2 puting ya. tapi itu gak lama kok, nantinya dia akan berenti gigit. saran saya sih, bersabar aja dulu ya bun.. semangat ^^

  25. insya Allah saya juga akan menyapih anak saya,krn stlh saya baca tulisan diatas saya tambah yakin dan percaya,
    terima kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s